Thursday, October 16, 2014

Meningkatkan Motivasi Belajar

Matematika merupakan ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan setiap orang. Sehingga setiap orang wajib untuk mengetahuinya, walaupun dengan porsi yang berbeda-beda. Pada dasarnya terdapat beberapa dasar mengenai motivasi belajar yang bisa anda baca di sini. Dalam mempelajari matematika motivasi belajar memegang peranan penting karena sering kali siswa dihadapkan dengan permasalahan yang membutuhkan semangat pantang menyerah.

Motivasi seseorang bisa berasal dari mana saja. Dalam pembelajaran matematika motivasi mempelajari matematika bisa tumbuh dengan mempelajari sejarah matematika. Sejarah penemuan-penemuan rumus-rumus matematika bisa menginspirasi seseorang yang kemudian akan menumbuhkan motivasi dalam dirinya. Selain itu motivasi juga bisa tumbuh jika siswa mengetahui seberapa besar manfaat matematika dalam kehidupan mereka.

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya suatu motivasi sangat bergantung pada tujuan masing-masing orang. Sehingga kadar motivasi setiap orang akan berbeda. Namun pada dasarnya motivasi bisa dibentuk dan ditingkatkan. Menurut A.M. Sardiman (dalam Haryanto,2012), motivasi belajar siswa bisa ditingkatkan melalui beberapa cara, diantaranya : Memberi angka, memberi Hadiah, Ego-involvement, Memberi Ulangan dan lain-lain.

Meningkatkan Motivasi Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown