Analisis SWOT dalam implementasi Pembelajaran
Berbasis Komputer
1. Faktor
pendukung (strength)
Ø Komputer memungkinkan
siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami
pen
Ø Penggunaan komputer
dalam proses belajar membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas
belajarnya.
Ø Penggunaan komputer
dalam lembaga pendidikan memberikan keleluasaan terhadap siswa untuk menentukan
kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.
Ø Kemampuan komputer untuk
menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya, yang
diistilahkan dengan “kesabaran komputer”, dapat membantu siswa yang memiliki
kecepatan belajar lambat. Dengan kata lain, komputer dapat menciptakan iklim
belajar yang efektif bagi msiswa yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat
memacu efektivitas belajar bagi siswa yang lebih cepat (fast learner).
Ø Disamping itu, komputer
dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan
memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar siswa.
Ø Dengan kemampuan
komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping), komputer
dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil belajar secara
otomatis.
Ø Komputer juga dapat
dirancang agar dapat memberikan preskripsi atau saran bagi siswa untuk
melakukan kegiatan belajar tertentu.
Ø Kelebihan komputer yang
lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi
grafik (graphic animation).