Friday, October 3, 2014

Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Thorndike

                                          
Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Thorndike - Teori  belajar Thorndike memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ini menjadi bagian tak terpisahkan dari teori yang fenomenal ini. berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari teori Thorndike :


Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Thorndike
Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Thorndike


Kelebihan Teori Belajar Thorndike

  1. Dengan sering melakukan pengulangan dalam memecahkan suatu permasalahan, anak didik akan memiliki sebuah pengalaman yang berharga. Selain itu dengan adanya sistem pemberian hadiah, akan membuat anak didik menjadi lebih memiliki kemauan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapinya. 
  2. Teori ini sering juga disebut dengan teori trial dan error  dalam teori ini orang yang bisa menguasai hubungan stimulus dan respon sebanyak- banyaknya sehingga orang akan terbiasa berpikir dan terbiasa mengembangkan pikirannya.
  3. Teori ini mengarahkan anak untuk berfikir linier dan konvergen. Belajar merupakan proses pembentukan atau shapping yaitu membawa anak menuju atau mencapai target tertentu
  4. Membantu  guru dalam menyelesaikan indikator pembelajaran Matematika.


Kekurangan teori belajar Thorndike

  1. Teori ini sering kali tidak mampu menjelaskan situasi belajar yang kompleks, sebab banyak variabel atau hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan atau belajar yang tidak dapat diubah menjadi sekedar hubungan antara stimulus dan respon. 
  2. Teori ini tidak mampu menjelaskan alasan-alasan yang mengacaukan hubungan amtara stimulus dan respon ini dan tidak dapat menjawab hal-hal yang menyebabkan terjadinya penyimpangan antara stimulus yang diberikan dengan responnya.
  3. Terlalu memandang manusia sebagai mekanismus dan otomatisme belaka disamakan dengan hewan. Meskipun banyak tingkah laku manusia yang otomatis, tetapi tidak selalu bahwa tingkah laku manusia itu dapat dipengaruhi secara trial and error. Trial and error tidak berlaku mutlak bagi manusia.  
  4. Memandang belajar hanya merupakan asosiasi belaka antara stimulus dan respon. Sehingga yang dipentingkan dalam belajar ialah memperkuat asosiasi tersebut dengan latihan – latihan, atau ulangan – ulangan yang terus – menerus. 
  5. Karena belajar berlangsung secara mekanistis, maka pengertian tidak dipandangnya sebagai suatu yang pokok dalam belajar. Mereka mengabaikan pengertian sebagai unsur yang pokok dalam belajar. 



Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Thorndike Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown