Friday, September 25, 2015

Refleksi Perkuliahan Filsafat Pendidikan Matematia

Cara Mudah Belajar FilsafatSegala ilmu memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitu pula dengan ilmu filsafat. Dalam hal ini kita perlu mengetahui bagaimana cara mudah belajar filsafat. Dengan demikian kita akan secara efektif memahami ilmu tingkat tinggi ini. Memang tidak ada jalan pintas dalam melakukan segala hal, namun selalu ada cara mudah untuk belajar.


Dalam belajar Filsafat Pendidikan Matematika, kita harus terlebih dahulu menyinggung tentang arti dari filsafat yang sebenarnya. Filsafat selalu mencari inti dari berbagai hal yang terjadi. Ilmu ini merupakan induk dari segala ilmu yang ada. Segala yang ada di dunia ini tidak bisa dilepaskan dari ilmu filsafat.
Banyak pandangan berkaitan dengan filsafat. Hal ini berhubungan erat dengan adanya penghalang antara paham barat dan timur. Paham ini membawa dampak pada ilmu filsafat. Filsafat kemudian terpecah menjadi paham barat dan timur. Lantas saat terdapat filsafat timur dan barat, apakah terdapat filsafat utara dan selatan?
Philosophy

Pemahaman Mengenai Filsafat

Pada dasarnya paham mengenai filsafat barat dan timur amat dipengaruhi oleh perbedaan kebudayaan di antar keduanya. Filsafat mempelajari tentang kehidupan, sehingga segala kebudayaan di dalamnya akan membawa dampak pada kehidupan ilmu ini.

Filsafat mempelajari segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Kedua hal ini menjadi objek utama dari filsafat. Hal yang ada merupakan segala sesuatu yang nyata di dunia ini. Walaupun keberadaan segala sesuatu selalu relatif terhadap ruang dan waktunya tersendiri. Sebuah kereta yang ada di sini saat ini bisa jadi menjadi tidak ada untuk sepersekian detik yang akan datang. Betapa keberadaan suatu benda amatlah relative terhadap waktu dan tempat keberadaannya.

Sedangkan hal yang mungkin ada berkaitan dengan sesuatu yang mungkin nantinya akan kita ketahui, atau mungkin tidak. Agak membingungkan memang namun begitulah adanya. Segala sesuatu yang mungkin ada akan ada pada saat yang tepat. Seperti halnya saat seorang bodoh mendapatan ilmu atau seorang miskin mendapatkan harta yang tidak ia duga sebelumnya.

Contoh nyata dari kasus ini adalah, saat ini anda tidak mengetahui tanggal lahir saya. Jika saya berniat untuk memberi tahu anda mengenai tanggal lahir saya, hal ini akan menjadi sesuatu yang mungkin ada bagi anda. Awalnya tanggal lahir saya tiak ada di pikiran anda, namun setelah saya mengatakannya pengetahuan itu akan tersimpan dalam otak anda tanpa adanya perjuangan yang berarti.

Filsafat sering dianggap membingungkan, banyak orang yang tidak mampu memahami filsafat hidupnya, esensi dari keberadaannya tentang namanya tentang asal usulnya dan tentang keberadaannya. Filsafat sering kali menggunakan bahasa analog untuk mengungkapkan maknanya. Hal inilah yang sering mengakibatkan adanya kesalah pahaman bagi penafsirnya. Dibutuhkan pengetahuan dan kebijakan untuk mampu menerjemahkan filsafat yang sebenarnya.

Refleksi perkuliahan : Filsafat Pendidikan Mateamtika

Dosen                        : Prof. Dr Marsigit, MA
Tempat                      : R. PPG 1
Waktu                        : 12.40-13.30 ( 16 September 2015)



Refleksi Perkuliahan Filsafat Pendidikan Matematia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown