Thursday, October 2, 2014

Kelebihan dan Kekurangan Teori Gestalt

     

         Sebagia salah satu teori yang berkembang, teori Gestal memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Dalam menggunakan teori ini kita perlu mengetahui mengenai kedua hal tersebut. Kita harus bisa mengambil hal positif dari teori ini dan memperbaiki hal-hal negatif yang timbul dari penggunaan teori pembelajaran Gestalt.

Kelebihan : 
a. Teori ini lebih melihat manusia sebagai seorang individu yang memiliki keunikan, dimana mereka harus berhubungan dengan lingkungan yang ada disekitar mereka. Dengan teori Gestalt yang lebih menekankan akan pentingnya pengertian dalam mempelajari sesuatu, maka akan lebih berhasil dalam mencapai kematangan dalam proses belajar.

b. Inti pembelajaran adalah mendapatkan “insight” artinya:  dimengertinya persoalan, dimengertinya hubungan tertentu, antara berbagai unsur dalam situasi tertentu, hingga hubungan tersebut jelas dan akhirnya didapatkan kemampuan memecahkan masalah. 

Kekurangan : 
a. Karena menurut Gestalt sesuatu yang dipelajari dimulai dari keseluruhan, maka dikawatirkan akan menimbulkan kesulitan dalam proses belajar, sebab beban yang harus ditanggung sangatlah banyak.
b. Pemecahan masalah sangat tergantung kepada pengamatan, apabila dapat melihat situasi dengan tepat maka masalah dapat dipecahkan.

Kelebihan dan Kekurangan Teori Gestalt Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown