Tuesday, March 8, 2016

Materi Matematika SMP

ilmupendidik.com-Matematika merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Hampir segala aspek kehidupan menggunakan matematika. Entah matematika tingkat tinggi ataupun matematika sederhana. Dalam proses mempelajarinya banyak orang yang mengeluhkannya. Mereka beranggapan bahwa matematika merupakan hal yang sulit untuk dipelajari.

Banyak hal yang mempengaruhi terjadinya anggapan ini muncul. Pada dasarnya matematika merupakan ilmu sistematis yang proses mempelajarinya harus memperhatikan leaning trajectory secara baik dan benar. Mayoritas orang beranggapan bahwa matematika adalah hal yang sulit karena mereka tidak mengikuti learning trajectory secara benar.

Terjadinya kesalahan learning trajectory sebenarnya tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab pendidik, pembuat kurikulum, ataupun siswa sendiri. Bisa jadi ini adalah integral dari ketiganya, atau bisa jadi salah satu subjek menjadi penyebab utamanya. 

Yang perlu kita perhatikan secara mendalam adalah saat kita gagal pada tahap matematika misalnya kita gagal pada materi pertama, maka biasanya kita juga akan gagal pada materi kedua. Tentu kejadian ini bukanlah suatu kebetulan. Karena matematika pada dasarnya tersusun secara rapi dan sistematis. Jadi saat kalian gagal pada suatu materi tertentu hal ini pasti akan berpengaruh pada materi yang lain juga.
Keadaan ini tentu harus kita hindari. Cara yang paling mudah adalah dengan belajar secara sungguh-sungguh pada setiap materi matematika. Semua materi matematika adalah penting., jadi jangan memilih-milihnya karena anda akan gagal.

Materi Matematika SMP
Materi Matematika SMP

Sebagai langkah konkrit untuk benar-benar menguasai matematika anda harus memulainya dari dasar. Mulai dari materi SD yang sangat simple hingga ke tingkat SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Pada materi SMP siswa biasanya mulai dikenalkan pada masalah-masalah yang ada pada matematika. Jika siswa gagal di sini, bisa dipastikan dia akan gagal pada tahap-tahap selanjutnya. Sehingga rasanya penting untuk mempelajari materi SMP secara sungguh-sungguh. 

Percayalah bahwa materi matematika pada tingkat SMP sebenarnya tidaklah sulit. Seringkali materi SMP ini terlihat sulit karena siswa kurang mendapatkan latihan soal matematika. Cara paling efektif untuk belajar matematika adalah mengerjakannya. Jadi jangan hanya membaca materinya, cobalah untuk mengerjakannya. Teruslah latih kemampuan pemecahan masalah anda. Jangan terlalu bergantung pada orang lain untuk belajar matematika. Cobalah untuk berusaha menyelesaikan masalahnya secara mandiri terlebih dahulu. Jika anda mengalami kesulitan cobalah untuk mencari buku terkait terlebih dahulu. Cobalan dengan mengerjakan soal yang setipe dengan masalah yang anda hadapi. Sederhadana kan masalah yang kalian miliki, baru jika anda sudah paham selesaikanlah masalah yang sesungguhnya. 

Materi matematika SMP tidaklah terlalu banyak sehingga untuk menguasai semuannya bukanlah hal yang mustahil. Berikut ini adalah materi matematika SMP saat ini

Materi Matematika SMP kelas 7
Materi Matematika SMP kelas 8
Materi Matematika SMP kelas 9

Demikian uraian singkat tentang materi matematika SMP silakan menaut pada tulisan di atas, semoga bermanfaat.

Materi Matematika SMP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin