Thursday, October 2, 2014

Prinsip Belajar Vygotsky


Vygotsky memberikan beberapa prinsip pembelajaran yang sangat membantu para pendidik prinsip ini antara lain : 

1. Percakapan pribadi (private speech)

Merupakan mekanisme yang ditekankan Vygotsky untuk mengubah pengetahuan bersama menjadi pengetahuan pribadi. Vygotsky berpendapat bahwa anak-anak menyerap percakapan orang lain dan kemudian menggunakan percakapan itu untuk membantu dirinya sendiri memecahkan masalah.

2. Zone of Proximal Development (Zona Perkembangan Proksimal)

Vygotsky percaya bahwa pembelajaran terjadi ketika anak-anak bekerja dalam zona perkembangan proksimal. Siswa bekerja dalam ZPD jika siswa tidak dapat memecahkan masalah sendiri, tetapi dapat memecahkan masalah itu setelah mendapat bantuan orang dewasa atau temannya (peer). Zona perkembangan proksimal menjelaskan tugas yang masih belum dipelajari seorang anak tapi sanggup dia pelajari pada waktu tertentu. 

3. Pentanggaan (scaffolding)

Vygotsky menekankan pada scaffolding. Dalam hal ini berarti memberikan dukungan atau bantuan kepada seorang anak selama tahap-tahap awal pembelajaran dan kemudian mengurangi setahap demi setahap agar ia mampu memecahkan suatu masalah dengan sendirinya. Konsep terkait adalah pemagangan kognisi (cognitive apprenticeship), yang menjelaskan keseluruhan proses pencontohan, pembimbingan, pentanggaan, dan evaluasi yang lazim terlihat setiap kali berlangsung pengajaran perorangan.

4. Pembelajaran Kooperatif

Teori Vygotsky mendukung penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dimana anak-anak melalui interaksi bersama untuk membantu belajar satu sama lain, karena biasanya teman sebaya bekerja dalam zona perkembangan proksimal anak yang lain, mereka sering menjadi contoh bagi anak yang lain tentang pemikiran anak yang sedikit lebih maju 

Prinsip Belajar Vygotsky Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown