Wednesday, April 8, 2015

Kontribusi Lesson Study Terhadap Inovasi Proses Belajar Mengajar Matematika di Indonesia

Kontribusi Lesson Study Terhadap Inovasi Proses Belajar Mengajar Matematika di Indonesia- Menurut saya banyak hal yang bisa diambil dari model pembelajaran Lesson Study di Indonesia. Terutama dalam hal memberikan waktu kepada siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri. Karena secara tidak langsung saat kita memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan konsepnya sendiri kemudian menyampaikannya di depan kelas, kita telah melatihkan nilai keberanian dan jiwa penemu pada siswa.


Di sini guru bukannya sebagi satu-satunya sumber belajar melainkan hanya memfasilitasi proses belajar siswa. Selain itu yang terpenting adalah bagaimana cara guru membangkitkan semangat belajar siswa, agar nantinya siswa akan tetap belajar bahkan tanpa adanya guru.

Pembelajaran Matematika di Indonesia saat ini mayoritas masih berorientasi pada teacher center dimana siswa dianggap sebagai tong kosong yang perlu untuk diisi. Keadaan ini mengakibatkan terbunuhnya kreatifitas siswa. Siswa menjadi tidak mampu menemukan konsepnya sendiri.

Padahal bila guru mau memberikan kesempatan kepada siswa. Mereka akan mendapatkan hal yang lebih banyak dari pada apa yang dijelaskan oleh guru. Karena saat rasa keingintahuan siswa sudah muncul maka mereka akan terus mencari pengetahuannya melalui berbagai sumber dan tidak lagi mengandalkan gurunya. Sehingga pengetahuannya akan menjadi sangat banyak.

Kontribusi Lesson Study Terhadap Inovasi Proses Belajar Mengajar Matematika di Indonesia
 



Kontribusi Lesson Study Terhadap Inovasi Proses Belajar Mengajar Matematika di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown