Wednesday, April 8, 2015

Relevansi Lesson Study dengan Mata Kuliah Etnomatematika

Pembelajaran yang ditayangkan dalam video menunjukkan bahwa siswa dilatih untuk mengeksplor dan mengamati apa yang ada di hadapannya. Hal ini berkaitan dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk mendapatkan ilmu ethnomatematika. Dalam ethnomatematika kita mengamati suatu kebudayaan dan mempelajari adakah keterkaitannya dengan matematika. 
 

Untuk melakukan pengamatan hingga mencapai suatu penemuan, seseorang memerlukan kemampuan berpikir logis dan juga latihan. Menurut saya pemebelajaran yang dilakukan dalam Lesson study sudah memberikan hal itu. Mulai dari siswa diberi pancingan untuk menemukan konsep. Sampai siswa mempresentasikan hasil penemuannya. Tentu hal inilah yang harusnya dimiliki oleh setiap siswa.

Setelah siswa terbiasa dengan cara belajar ini maka siswa akan terus belajar tanpa mengenal tempat dan waktu. Mereka tidak hanya akan belajar selama proses belajar mengajar di kelas saja namun di setiap tempat yang mereka kunjungi. Hal ini menjadi modal utama untuk mempelajari konsep ethnomatematika.

Relevansi Lesson Study dengan Mata Kuliah Etnomatematika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown