Tuesday, June 16, 2015

Ethnomathematics

Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini menyebabkan pembelajaran matematika harus dilakukan secara berkualitas dan efektif. Dalam pembelajaran  matematika  perlu  diawali  dengan penggalian pengetahuan informal yang telah diserap siswa dari kehidupan masyarakat di sekitar tempat adanya kendala perbedaan latar belakang kultural (Bryant, 1996) dan pemahaman akan keberagaman  dan penghargaan akan perbedaan, serta bagaimana bersikap dan bertindak dalam situasi multietnik multikultur (Matsumoto, 1996).


Hal ini dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Etnomatematika merupakan matematika yang tumbuh dan berkembang dalam kebudayaan tertentu (Yusuf dkk, 2010). Budaya yang dimaksud disini mengacu pada kumpulan norma atau aturan umum yang berlaku di masyarakat, kepercayaan, dan nilai yang diakui pada kelompok masyarakat yang berada pada suku atau kelompok bangsa yang sama (Hammond, 2000).
Kata ethno mengacu pada istilah kelompok kebudayaan, sedangkan mathema mengandung arti mengerti, menjelaskan dan mampu mengolah hal-hal riel secara spesifik dengan mengklasifikasi, menghitung, mengukur, dan memodelkan suatu pola yang muncul di lingkungan. Sedangkan kata ticks maksudnya seni dalam bidang teknik.

Etnomatematika tumbuh dalam kebudayaan yang secara tidak langsung seringkali tidak disadari oleh masyarakat. Etnomatematika yang berkembang dimasyarakat terlihat lebih sederhana dari matematika yang ada di sekolah. Hal ini lah yang menyebabkannya sering terlewat oleh pengamatan masyarakat. Matematika dalam budaya seringkali tersaji tanpa definisi, teorema ataupun rumus rumus yang memerlukan penelaahan lebih lanjut. 

Ethnomathematics Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown