Sunday, June 21, 2015

Perbedaan Perangkat Pembelajran Berbasis Etnomatematika dengan yang Tidak

Perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika tidak berparadigma text book oriented tetapi research teach base learning oriented. Sehingga perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika isinya lebih orisinil dan lebih bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan siswa. Hal ini akan menyebabkan pembelajaran terasa lebih hidup dan mengurangi kesenjangan antara dunia sekolah yang penuh teori dengan kehidupan nyata.

Etnomatematika
     Perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika menuntut guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Berbeda dengan pembelajaran lazimnya yang menggunakan text book oriented. Pada pembelajaran text book oriented, guru akan secara penuh menggunakan buku yang ada sehingga sering kali konteks dalam buku tidak relevan dengan kondisi siswa. Sebagai contoh buku pelajaran sering menggunakan nama-nama tempat yang ada di wilayah jawa. Hal ini tentu akan kurang relevan dengan siswa yang belajar di daerah luar jawa.

Dalam perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika siswa konteks pembelajaran akan lebih sesuai dengan pembelajaran. Selain itu pembelajaran dapat dikondisikan terjun ke tempat yang bersangkutan akan membuat siswa lebih mengenal budaya daerahnya sendiri. Sehingga ada dua keuntungan besar dalam belajar menggunakan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika yaitu siswa lebih nyaman belajar karena konteks yang diberikan sesuai dengan lingkungan mereka dan siswa menjadi lebih mengenal budaya di sekitar mereka.

Perbedaan Perangkat Pembelajran Berbasis Etnomatematika dengan yang Tidak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown