Tuesday, July 7, 2015

Mengenal tentang Pendidikan Luar Biasa (Khusus) di Ghana

ilmupendidik.com-Mengenal tentang Pendidikan Luar Biasa (Khusus) di Ghana ditujukan untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan sumber daya manusia dan memberikan keadilan sosial dengan melengkapi penyandang cacat dengan keterampilan yang tepat untuk memungkinkan mereka untuk masuk ke dalam masyarakat, fungsi efektif dan pekerjaan aman yang menguntungkan. Upaya kementerian dalam mencapai tujuan nasional pendidikan untuk semua warganya telah membentuk sejumlah lembaga di berbagai tingkatan untuk pendidikan penyandang cacat dan integrasi mereka di masyarakat. Saat ini, ada langkah untuk mengintegrasikan tunanetra ke sekolah reguler sebagai proyek percontohan dari sekolah dasar ke tingkat universitas.

Pendidikan di Ghana


Divisi Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Ghana menyediakan sekolah khusus bagi penyandang cacat. Divisi ini mengembangkan, memantau, dan mengevaluasi program-program di sekolah khusus yang dibentuk untuk orang cacat di tingkat pendidikan pra-universitas. Melayani siswa dengan mental terbelakang, buta dan tuli, namun tidak memenuhi cacat fisik yang terintegrasi di sekolah reguler. Layanan Pendidikan Ghana menjalankan sekolah untuk orang buta, tuli dan keterbelakangan mental di semua tingkat pra-universitas tetapi tidak memiliki sekolah khusus untuk siswa cacat fisik berusia 10-16. Departemen Mobilisasi dan Kesejahteraan Sosial berjalan pusat rehabilitasi di semua ibukota daerah yang menyediakan fasilitas pelatihan untuk penyandang cacat fisik usia 17-40 tahun.

Ada sepuluh sekolah dasar dan menengah pertama untuk buta dan tuli, satu hari sekolah dasar dan menengah pertama dan satu sekolah teknik menengah atas di Ghana. Lembaga-lembaga ini menggunakan kurikulum sekolah reguler. Semua mata pelajaran yang dipelajari, dengan pengecualian bahasa Ghana dan Perancis. Penilaian pada siswa sama seperti di sekolah reguler. Jumlah pendaftaran adalah 1.844, termasuk 1.344 anak laki-laki dan 710 perempuan.

Selain dua sekolah dasar dan menengah pertama, Pusat Sumber Daya untuk buta telah ditetapkan sebagai berikut, tiga di sekolah dasar dan menengah pertama reguler, dua di perguruan tinggi pelatihan guru dan empat di perguruan tinggi. Kurikulum sekolah reguler digunakan di semua sekolah dasar. Pada tingkat sekolah menengah, perguruan tinggi pelatihan dan universitas, semua mata pelajaran dari sekolah reguler yang dipelajari, dengan pengecualian matematika dan ilmu pengetahuan. Namun, rencana sedang dilakukan untuk memperkenalkan mereka pada tingkat ini segera. Jumlah pendaftaran adalah 385 (254 laki-laki dan 131 perempuan).


Pendidikan Luar Biasa (Khusus) di Ghana
Pendidikan Luar Biasa (Khusus) di Ghana


Ada empat sekolah negeri dan dua sekolah swasta yang melayani cacat mental. Selain itu, dua unit telah dibentuk dalam sekolah untuk orang tuli dan mengatasi kebutuhan pendidikan untuk cacat mental. Sebuah kurikulum khusus, disesuaikan dengan kemampuan individu anak, telah dikembangkan untuk mereka gunakan. Jumlah pendaftaran adalah 326 (194 laki-laki dan 132 perempuan). Tidak ada lembaga yang menyediakan pendidikan formal untuk cacat fisik karena mereka diintegrasikan ke sekolah biasa. Namun, dua pusat pelatihan ortopedi memberikan pendidikan formal kepada pasien mereka saat mereka menjalani perawatan. Dua sekolah telah bergabung dengan dua rumah sakit pendidikan bagi anak-anak sekolah yang harus tinggal di rumah sakit selama periode yang panjang. Selain itu, layanan peripatetik bertujuan untuk identifikasi anak-anak cacat pada usia dini dan merekomendasikan intervensi yang tepat dan dukungan kepada kedua orang tua dan guru di sekolah reguler. Ada petugas khusus dan terlatih yang berbasis di enam kabupaten dan delapan kantor regional yang memberikan layanan di sekolah-sekolah. Ada rencana untuk staf dua kantor regional yang tersisa.

Pusat Pengkajian dan Sumber Daya menilai kebutuhan pendidikan khusus anak-anak yang mengalami kesulitan pembelajaran, emosional dan perilaku di sekolah, dan menyediakan sumber daya perbaikan yang tepat untuk pendidikan mereka.


Diperkirakan hanya 0,6% dari populasi anak-anak cacat atau kebutuhan pendidikan khusus menerima segala bentuk pendidikan. Bergerak menuju inklusi adalah kebijakan utama dari MOEYS yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pendidikan 2003-2015. Dinas Pendidikan Ghana telah mengembangkan sebuah proyek untuk bergerak menuju sistem yang lebih inklusif yang akan mengatasi kedua kebutuhan belajar khusus bagi siswa di sekolah-sekolah reguler dan juga menerapkan kebijakan MOEYS atau Dinas Pendidikan Ghana pendidikan inklusif. Proyek ini dilaksanakan atas dasar percontohan di sepuluh kabupaten mulai dari tahun akademik 2003/2004. Sebanyak 35 sekolah dengan fokus pada 350-500 anak-anak dengan kebutuhan khusus, 500 guru reguler dan 400 orang tua yang menjadi target penerima.

Mengenal tentang Pendidikan Luar Biasa (Khusus) di Ghana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin