Tuesday, July 7, 2015

Sistem Pendidikan Ghana Pendidikan Pra-sekolah (Pre-primary Education)


Sistem Pendidikan Ghana Pendidikan Pra-sekolah (Pre-primary Education)- Pendidikan pra-sekolah di Ghana tidak wajib dan biasanya melayani anak-anak dalam kelompok usia 3-6 tahun. Perawatan untuk anak usia 3-4, sedangkan TK melayani anak-anak antara usia 4 sampai 6 tahun. Ada juga Creches untuk anak-anak berusia sampai 2 tahun dan pusat penitipan (kelompok umur 2-3 tahun). Batas usia tidak diamati secara ketat dan anak-anak dari segala usia dapat ditemukan di berbagai pusat pendidikan pra-sekolah apapun.
Pendidikan Pra-sekolah di Ghana

Tujuan utama pembelajaran untuk tingkat pra-sekolah adalah memajukan pikiran dan tubuh yang sehat. Untuk merealisasi tujuan ini, semua anak diharapkan akan diimunisasi lengkap terhadap enam penyakit pembunuh dan ibu mengikuti kursus di bidang gizi, keluarga berencana, dan pendidikan hidup. Upaya telah dilakukan untuk memastikan bahwa sekolah yang aman dan dilengkapi dengan mainan untuk pengembangan psikomotor, serta guru juga diharapkan untuk mengatur kegiatan seperti permainan peran, olahraga dan permainan yang memperkuat baik bagi kesehatan dan proses sosialisasi anak-anak. Penggunaan bahasa lokal juga digunakan pada tingkat ini.
Program Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) terdiri atas program penitipan anak berbasis di pusat-pusat atau sekolah, program di rumah (di mana pengasuh pergi ke rumah anak-anak), rumah pengasuh (di mana orang tua membawa anak-anak ke rumah pengasuh), dan after-school-homecare (di mana anak-anak yang selesai dengan cepat di sekolah pusat kemudian dititipkan sampai orang tua mereka menjemput mereka setelah pulang kerja). Ada perawatan untuk anak usia 3-4, pusat penitipan untuk kelompok usia 2-3 tahun, dan crèches yang melayani anak-anak di bawah 2 tahun. Program ini dijalankan oleh Departemen Kesejahteraan Sosial, Dinas Pendidikan Ghana, pemilik swasta, dan LSM. Dua tahun program pendidikan TK dianggap sebagai bagian dari sektor pendidikan dasar.
Dalam rangka untuk memastikan bahwa sekolah perawatan anak memang benar-benar dijalankan, pemerintah telah menyiapkan Pusat Pelatihan Guru Perawat Nasional (National Nursery Teachers’ Training Centre) di mana guru bersertifikat yang ingin mengkhususkan diri di bidang pendidikan perawatan dan dilatih di pusat tersebut. Kursus pelatihan guru pra-sekolah atau perawatan berlangsung tiga bulan, setelah sertifikat diberikan. Kursus pelatihan guru tingkat dasar berlangsung selama tiga tahun, setelah sertifikat guru "A" diberikan kepada guru yang berhasil.
Penduduk pedesaan memiliki sedikit bahkan tidak ada akses ke tingkat pendidikan karena sebagian besar fasilitas kebanyakan ditemukan di pusat-pusat perkotaan dan sub-urban selama bertahun-tahun, tetapi upaya telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Ghana dan LSM untuk membangun lembaga pra-sekolah yang lebih banyak.
Sebelum tahun 2002, pendidikan pra-sekolah bukan menjadi bagian dari sistem formal. Pendidikan pra-sekolah diperkenalkan sebagai hasil dari rekomendasi yang dibuat oleh Komite Presiden pada Ulasan Reformasi Pendidikan (Oktober 2002). Akibatnya, rencana untuk memasukkan pendidikan pengembangan anak usia dini (PAUD) dalam sistem formal menjadi semakin jauh. Silabus dalam enam bidang studi telah dikembangkan sama seperti isi kebijakan. Bidang mata pelajaran tersebut adalah keterampilan psiko-sosial (kepercayaan diri, ketegasan); bahasa dan keaksaraan; matematika; studi lingkungan; kegiatan kreatif; kesehatan, gizi dan keamanan.
Di bawah naungan Kementerian Perempuan dan Urusan Anak, Komisi Nasional Anak Ghana, dengan dukungan dari UNICEF sedang melakukan inventarisasi semua pusat ECD resmi untuk memastikan jumlah anak dengan akses ke pusat-pusat, jenis struktur yang digunakan, serta jumlah dan status guru dan petugas di pusat. Dokumen kebijakan ECCD yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah sekarang mengenai akses dan kualitas pelayanan PAUD telah ditinjau, selesai, dan diluncurkan pada Agustus 2004.

Rasio guru dan siswa untuk pendidikan anak usia dini adalah 1:24 tahun 1999/2000. Menurut UNESCO Institute for Statistics, pada tahun 2005 rasio pendaftaran secara kasar pada tingkat pra-sekolah adalah 42% (rasio pendaftaran secara bersih 27%). Ada 731.331 anak yang terdaftar dibantu oleh 29.014 guru (22% guru telah dilatih).

Sistem Pendidikan Ghana Pendidikan Pra-sekolah (Pre-primary Education) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin