Tuesday, July 7, 2015

Profil Negara Ghana

Ghana adalah negara di Afrika Barat yang terletak di pantai selatan ‘tonjolan’ barat Afrika dan berbatasan dengan Teluk Guinea di Samudera Atlantik. Ghana memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1957. Ghana dibentuk dari koloni Inggris Gold Coast dan British Togoland dan dinamai Ghana sesuai nama sebuah kerajaan kuno Afrika, yaitu Ghana.


Ibukota                              : Accra 
Bahasa Resmi                    : Bahasa Inggris 
Pemerintah                         : Kesatuan republik konstitusional presiden 
Populasi                             : 24.399.838 
Produk Domestik Bruto    : $ 89.509 miliar 
Mata Uang                         : Ghana Cedi (GH ₵) (GHS)

1.    Penduduk
Penduduk Ghana yang saat ini mencapai 24 juta orang meliputi lebih dari selusin kelompok etnis utama. Kelompok utama di tengah dan selatan adalah Ashanti, Brong-Ahafo, Fanti, Ewe, dan Ga. Etnis Dagomba dan Mamprusi tinggal di utara.
2.    Bahasa dan Agama
Bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tetapi orang-orang dari Ghana juga berbicara dalam bahasa asli mereka, seperti bahasa Akan, Moshi-Dagomba, Ewe, dan Ga. Lebih dari 60% penduduk Ghana memeluk Kristen, 21% lainnya menganut agama-agama tradisional Afrika, dan 16% adalah pemeluk Islam.
3.    Pendidikan
Ghana sangat menghargai pendidikan. Sekolah wajib dan gratis selama 9 tahun. Ada 14 perguruan tinggi serta banyak perguruan tinggi pelatihan guru dan sekolah teknik. Sekitar 75 persen dari penduduk Ghana yang berusia di atas usia 15 tahun dapat membaca dan menulis.
4.    Cara Hidup
Hampir setengah dari orang Ghana tinggal di daerah perkotaan. Ada banyak pekerjaan dalam bidang jasa, seperti sales, atau profesi, seperti mengajar. Beberapa orang Ghana di kota-kota sekarang memakai pakaian bergaya Barat. Tetapi yang lain tetap memilih pakaian tradisional berwarna-warni. Jubah yang paling berharga terbuat dari kente, kain tenun kapas dan benang sutra. Kebanyakan orang Ghana di pedesaan bercocoktanam atau berternak. Pedesaan terdiri atas rumah-rumah yang terbuat dari tanah liat dengan atap jerami atau seng.
Salah satu makanan pokok adalah bubur yang disebut foutou. Makanan ini biasanya terbuat dari singkong, tanaman akar tepung yang direbus dan dihaluskan. Foutou juga dapat dibuat dari ubi jalar, kadang-kadang dikombinasikan dengan pisang dan sejenisnya. Makanan dan minuman yang mengandung kacang, ikan, atau sayuran juga sangat populer.
5.    Bentang Alam
Di sepanjang pantai Ghana adalah pantai berpasir, hutan bakau, dan pohon kelapa. Hutan tropis yang lebat meliputi banyak wilayah Ghana selatan. Emas yang memberikan nama wilayah ini sebelumnya, Gold Coast, terletak di wilayah hutan. Berlian mentah yang digunakan untuk pengeboran ditemukan di tanah berpasir dekat sungai.
Semakin masuk ke dataran pesisir, hutan berubah menjadi savana (padang rumput) terbuka. Di sini petani menanam limau, pisang, kopi, beras, gula, jagung, ubi jalar, ubi kayu, kacang tanah, dan tanaman lainnya. Ancaman para petani adalah harmattan, angin kering dan panas berisi debu dari Sahara yang bisa merusak tanaman. Lebih jauh ke utara tidak ada hujan turun dari Oktober sampai Mei, dan tanah berubah menjadi pasir.
Gajah, badak, singa, dan binatang besar lainnya dulu banyak ditemukan di hutan dan savana. Tapi pemburu dan pedagang gading besar telah membunuh hampir semua dari mereka.
6.    Sungai
Sungai Volta adalah yang terbesar di Ghana. Sungai ini bersumber di perbukitan rendah dan turun berkelok-kelok ke laut. Pada pertengahan 1960-an, sebuah bendungan besar dibangun melintasi Sungai Volta. Bendungan ini menyediakan pembangkit listrik tenaga air untuk pertanian dan industri lokal serta untuk ekspor.
7.    Iklim
Ghana memiliki iklim lembab panas. Suhu rata-rata antara 25°C dan 29°C. Di sepanjang pantai, musim hujan berlangsung dari bulan April sampai Juni. Hujan turun lebih deras dan bertahan lebih lama di hutan. Utara adalah daerah kering, tetapi hujan turun antara bulan Mei dan September.
8.    Sumber Daya Alam
Ghana kaya akan sumber daya alam, seperti emas, kayu, bauksit, mangaan, ikan, karet, dan perak.
9.    Ekonomi
Ghana adalah negara miskin. Hampir setengah anggaran pemerintah datang sebagai bantuan dari negara-negara kaya. Namun banyak benih untuk kemakmuran Ghana di masa depan. Negara ini telah mengadakan empat pemilu multipartai berturut-turut sejak tahun 1992, tanda stabilitas politik. Ghana memiliki sistem pendidikan yang baik dan layanan sipil yang efisien. Ghana juga memiliki tenaga kerja yang lebih produktif daripada negara-negara miskin Afrika Barat lainnya. Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa Ghana akan menjadi kekuatan ekonomi yang penting di Afrika.
10.     Jasa
Pariwisata adalah sumber pendapatan asing terbesar ketiga Ghana. Pekerjaan jasa di hotel, toko-toko, bank, dan transportasi mempekerjakan lebih sedikit orang daripada sektor pertanian. Tapi jasa memberikan kontribusi lebih terhadap perekonomian Ghana ketimbang pertanian.
11.     Manufaktur
Di antara industri tradisional Ghana adalah kehutanan, perikanan, dan kerajinan. Berbagai barang-barang konsumsi dasar juga diproduksi. Produksi industri rendah. Pemilik pabrik sering kesulitan untuk mendapatkan suku cadang dan bahan baku impor yang mereka butuhkan untuk menjaga mesin berjalan mereka tetap bekerja.
12.     Pertanian
Lebih dari setengah dari angkatan kerja Ghana terdiri atas petani dan buruh tani sewaan. Mereka menanam singkong, padi, jagung, dan kacang-kacangan untuk mereka gunakan sendiri. Mereka juga memproduksi tanaman ekspor utama negara itu, biji kakao, yang digunakan untuk membuat cokelat.
13.     Pertambangan
Selain emas, mangaan, dan berlian, Ghana menambang bauksit. Mineral ini dilebur menjadi aluminium sebelum dijual ke luar negeri.
14.     Perdagangan
Selain biji kakao, Ghana mengekspor emas semi-pabrikan (termasuk emas berlapis platinum), bijih mangaan dan konsentratnya, makanan olahan, dan kayu. Negara ini juga mengimpor peralatan, minyak bumi, dan makanan. Mitra dagang utamanya adalah Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Nigeria, Togo, Prancis, Belanda, dan Spanyol.
15.     Transportasi
Sebagian besar jalan raya Ghana beraspal. Bus menghubungkan kota-kota yang paling besar dan beberapa yang lebih kecil.
16.     Komunikasi
Telekomunikasi berkembang pesat. Telepon seluler semakin populer. Akses internet tersedia, meskipun lebih banyak di perkotaan dibandingkan dengan daerah pedesaan.
17.     Kota-kota Besar
Ibukota dan kota terbesar di Ghana adalah Accra. Kumasi, kota terbesar kedua Ghana, adalah pusat komersial dan transportasi utama dari daerah pedalaman. Tema adalah pelabuhan utama Ghana. Kota ini telah berkembang dari sebuah desa nelayan kecil menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Afrika Barat. Tidak ada pelabuhan alami di sepanjang pantai Ghana. Selama berabad-abad, feri digunakan untuk membawa kargo dan penumpang dari kapal ke pantai.
18.     Warisan Budaya
a.    Seni dan Sastra
Ghana pernah memiliki tradisi seni yang berkembang dalam hal ukiran kayu dan kerajinan emas dan kuningan. Tapi hari ini, karya seni itu banyak disimpan dalam museum. Seniman Ghana modern antara lain Ablade Glover, yang lukisannya terkenal karena ketegasan dan pewarnaan yang kaya. Kofi Antubam merancang tahta kepala suku Afrika berwarna emas yang digunakan untuk pelantikan presiden. Beberapa penulis Ghana juga terkenal. Ama Ata Aidoo adalah penulis No Sweetness Here and Other Stories (1995). Ayi Kwei Armah menulis novel The Beautiful Ones Are Not Yet Born (1968).
b.   Musik, Tari, dan Teater
Banyak orang Ghana yang berbakat dalam seni pertunjukan. Di Ghana tarian dan musik tradisional biasanya dilakukan pada acara-acara khusus. Pertunjukan itu menandai kelahiran, pernikahan, pemakaman, dan tonggak penting lainnya. Tradisional adalah salah satu dari tiga gaya utama musik Ghana. Gaya lain, highlife, menggabungkan gaya tradisional dan Barat. Gaya ketiga adalah musik paduan suara, dilakukan di ruang konser, gereja, sekolah, dan perguruan tinggi.
19.     Pemerintah

Presiden dan wakil presiden Ghana dipilih setiap empat tahun oleh rakyat. Ada juga Dewan Menteri. Anggotanya dicalonkan oleh presiden dan tunduk pada persetujuan Parlemen. Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat dipilih oleh suara terbanyak untuk masa tugas 4 tahun. Di bagian teratas dari sistem peradilan adalah Mahkamah Agung. Ia memiliki kekuatan untuk menyatakan produk hukum Parlemen inkonstitusional.

Profil Negara Ghana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin