Thursday, June 25, 2015

Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta

Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika
Berikut merupakan perangkat Pembelajaran berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta. Semoga bermanfaat
RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pengembangan ini dibuat menggunakan pendekatan saintifik. RPP mengacu pada pembelajaran berbasis kebudayaan Keraton Yogyakarta. RPP terdiri dari identitas, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujun pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, kegiatan pembelajaran yang terdiri dari pembukaan, inti dan penutup, dan teknik penilaian pembelajaran.  Langkah pada kegiatan inti pembelajaran yang dilakukan disesuaikan dengan langkah-langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.Adapun RPP yang telah disusun terlampir.

LKS

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dikembangkan menggunakan langkah-langkah saintifik. LKS didesain untuk memfasilitasi siswa dalam menemukan konsep dari bangun ruang sisi datar. Dalam LKS terdapat sintaks pembelajaran yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.Adapun LKS yang telah disusun terlampir.

Handout

Handout disusun dalam rangka memperkaya pengetahuan siswa dengan tambahan ilmu-ilmu yang mungkin belum didapat oleh siswa. Selain itu Handout memfasi litasi siswa untuk belajar secara mandiri tanpa bantuan dari guru. Handout ini disusun menggunakan langkah- langkah saintifik. Adapun Handout yang telah disusun terlampir.

Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Keraton Yogyakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown