Tuesday, March 8, 2016

Soal Latihan dan Pembahasan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016

Ilmupendidik.com - Soal Latihan dan Pembahasan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 -Ujian Nasional SMA tahun 2016, sesuai dengan POS SMA yang dikeluarkan Oleh BSNP akan diselenggarakan mulai pada tanggal 4 April 2016. Pelaksanaan UN ini akan dilaksanakan serentak dengan soal-soal sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional SMA 2016 tahun ajaran 2015/2016 yang telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Pada sebagian sekolah nantinya ujian nasional ini akan dilakukan secara online. Tentu saja hal ini berkaitan dengan kesiapan sekolah untuk menyelenggarakan Ujian nasional secara Online. Sedangkan sebagian besar sekolah akan masih tetap menyelenggarakan Ujian Nasional secara tertulis.


Untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional ini telah dilakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan memberikan soal latihan UN SMA tahun 2016 kepada siswa. Soal-soal ini disesuaikan dengan kisi-kisi untuk masing-masing jurusan. Untuk ujian nasional Jurusan IPS mata pelajaran yang dujikan meliputi Ekonomi, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi. Masing-masing mata pelajaran memiliki cirikhasnya sendiri-sendiri, sehingga untuk dapat menguasainya dibutuhkan metode belajar yang sesuai. Pada jurusan IPS materi pelajaran yang diujikan hampir sama dengan jurusan SMA IPA hanya saja tingkat kesulitan soalnya berbeda. Latihan Soal Ujian akan membantu siswa dalam mencapai kelulusan pada ujian ini. Pada jurusan SMA IPA mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Iggris. Pada SMA jurusan Bahasa yang diujikan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan konsentrasi bahasa terkait.


Persiapan yang untuk menghadapi Ujian Nasional harus dilakukan secara maksimal, Latihan soal Ujian Nasional tahun 2016 sangat dibutuhkan oleh siswa. Latihan soal akan melatih kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga saat menghadapi ujian nasional yang sebenarnya siswa sudah tidak akan mengalami kesulitan. Latihan soal Ujian Nasional tahun 2016 saat ini telah banyak disajikan oleh berbagai pihak, baik melalui buku-buku yang dijual di pasaran maupun di internet. Sebagai siswa yang kreatif, tentu sebaiknya siswa memperbanyak sendiri Latihan soal Ujian Nasional tahun 2016 tanpa harus bergantung terhadap guru. Secara mudah anda bisa mengakses Latihan soal Ujian Nasional tahun 2016 melalui internet. Sebaiknya anda mencari Latihan soal Ujian Nasional tahun 2016 yang dibuat sesuai dengan kisi-kisi soal Ujian Nasional tahun 2016. Selain itu, sebaiknya cari soal yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban atau lebih baik lagi jika disertai dengan pembahasannya, sehingga anda akan bisa secara langsung mengukur sampai sejauh mana tingkat kemampuan anda.

Latihan soal memang mutlak dibutuhkan oleh siswa, namun selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga oleh siswa sebelum mengikuti ujian nasioanl. Sebaiknya anda mempersiapkan mental anda sebelum mengikuti ujian nasional. Kedengarannya memang sepele, namun mental merupakan faktor yang sangat penting. Bisa dibayangkan jika saat ujian nasional tiba-tiba kita nervers, tentu ini akan sangat mengganggu. Bisa jadi semua materi yang telah dipelajari akan hilang semuannya karena kita terlalu gugup. Untuk menghindari hal ini anda perlu yakin terhadap kemampuan anda. Yakinlah bahwa hasil tidak akan menghianati usaha yang telah kalian lakukan. Berdoalah sebelum anda mengerjakan soal ujian nasional, hal ini akan membantu anda untuk merasa tenang saat mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2016.

Pada bagian akhir tulisan ini disajikan beberapa Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016. Pelajarilah baik-baik Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 ini, namun jangan jadikan soal-soal berikut menjadi pedoman mutlak kalian dalam menghadapi Ujian Nasional SMA tahun 2016. Carilah tambahan refrensi yang akan membantu anda lebih memahami materi-materi yang diujikan. Jika anda masih belum memahami sepenuhnya mengenai Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016, anda bisa menanyakannya pada guru anda atau teman anda yang telah lebih memahami materi ini. 

Latihan Soal UN SMA Jurusan IPS

Berikut adalah Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Jurusan IPS

Berikut adalah Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Jurusan IPS

Download Kunci Jawaban Soal Latihan Ujian Nasional (UN) Sosiologi SMA tahun 2016

Latihan Soal UN SMA Jurusan IPA

Berikut adalah Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Jurusan IPA

Berikut adalah Kunci Jawaban dan Pembahasa Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Jurusan IPA


Latihan Soal UN SMA Jurusan Bahasa

Berikut adalah Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Jurusan Bahasa


Berikut adalah Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Latihan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Jurusan Bahasa


Sebagai tambahan, ada baiknya jika kalian juga mencoba mengerjakan soal ujian nasional sebelumnya. Ini hanya untuk membandingkan sebenarnya sampai sejauh mana soal ujian nasional dikembangkan. Berikut adalah soal Ujian nasional SMA tahun 2013/2014 dan Soal Ujian Nasional SMA tahun 2014/2015.

Soal Ujian Nasional SMA IPA Tahun 2013/2014

Soal Ujian Nasional SMA IPA Tahun 2014/2015

 Download Soal Ujian Nasional Biologi SMA Tahun  2014/2015

Soal Latihan dan Pembahasan Ujian Nasional (UN) SMA tahun 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin