Thursday, March 10, 2016

Download Introduction to Real Analysis - Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert

Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert merupakan salah satu buku pegangan yang digunakan untuk mempelajari materi analisis real. Buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert sering menjadi rujukkan mahasiswa dan dosen karena penyampaian materinya yang relative lebih mudah untuk dipahami. Dalam buku Introduction to Real Analysis anda akam menjumpai pembuktian-pembuktian teorema yang sering digunakan dalam menyelesaikan soal analisis real. Pembuktian-pembuktian ini disajikan secara runtut sehingga memudahkan mahasiswa untuk bisa menguasai materi analisis real. Sehingga saya pribadi juga menyarankan untuk penggunaan buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherberts untuk membantu mempelajari materi analsis real.

Pertanyaan yang sebenarnya sering muncul adalah, apakah sebenarnya kegunaan mempelajari analisis real? Bagi anda yang berniat menjadi dosen matematika atau pendidikan matematika, tentu anda bisa menjawabnya dengan mudah. Namun bagi mahasiswa yang ingin menjadi guru sepertinya pertanyaan ini mendorong mereka untuk malah mempelajari analisis real. mungkin untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya analisis real, atau lebih sederhananya kita cukup mengetahui apa yang dipelajari dalam analisis real terlebih dahulu, toh buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert hanyalah pengantar, kata introduction perlu kita garis bawahi dalam hal ini. Jadi saat kalian mempelajari materi analisis real dari buku ini tekankan pada benak kalian bahwa buku ini hanya menyajikan pengantar saja sehingga anda wajib untuk bisa.

Kita mulai degan sedikit pembahasan mengenai mata kuliah analisis real. Secara garis besar Analisi real merupakan mata kuliah wajib untuk jurusan matematika dan pendidikan matematika. Mata kuliah ini menekankan pada logika berpikir untuk mampu memecahkan masalah. Analisis real merupakan salah satu mata kuliah yang ditakuti oleh mahasiswa pada jurusan matematika maupun pendidikan matematika. Hal ini dikarenakan mata kuliah analisis real memang termasuk mata kuliah yang termasuk abstrak. Dalam mata kuliah analisis real kita akan belajar membuktikan teorema-teorema yang sering kali sudah dianggap bisasa.  Tetapi dalam mempelajari Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert nantinya jangan takut, ingat ini hanyalah pengantar.

Seperti mata kuliah wajib lainnya, kalian harus mempelajarinya sebaik-baiknya, tentu ini jika kalian ingin mendapatkan nilai yang memuaskan. Bagaimanakah cara yang efektif untuk mempelajari analisis real ini? sebenarnya hampir sama dengan mata kuliah matematika pada umumnya. Kunci terbesarnya adalah banyak melakukan latihan, terutama dalam hal ini pembuktian teorema yang ada dalam Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherber.  Akan lebih baik lagi jika kalian juga memiliki waktu untuk menyelesaikan soal-soal analisis real dari buku lain. Namun saya rasa jika hanya ingin mendapatkan nilai bagus pada mata kuliah ini mempelajari Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert sudah lebih dari cukup. 

Lantas mengapa banyak mahasiswa yang takut terhadap materi ini? ya tentu saja alasan awalnya adalah karena mata kuliah analisis real menyajikan materi-materi yang abstrak. Walaupun secara eksplisit mata kuliah ini menyebut kata real, anda jangan tertipu, karena anda akan hampir sama sekali tidak menemukan kerealan dalam mata kuliah ini. yaah tentu saja real menurut saya belum tentu real menurut anda dan begitupun sebaliknya. Alasan selanjutnya adalah mereka sangat jarang berlatih menyelesaikan permasalahan analisis real. Memang analisis real sering disajikan dalam bentuk uraian panjang layaknya cerita novel, namun pada setiap langkah pembuktian memnutuhkan pemahaman tingkat tinggi. Jika anda tidak paham pada satu langkah saya sarankan untuk meminta bantuan pada orang yang lebih paham, atau langsung mencarinya secara mandiri. Jika anda berpikir itu tidak masalah dan terus melanjutkannya maka Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert nantinya benar-benar hanya akan menjadi sekedar buku novel yang anda lupakan saat ujian berlangsung. Jadi banyak latihan tetap menjadi suatu keharusan tentu saja tanpa lupa untuk membaca pembuktian-pembuktian teorema yang telah diberikan.

Setelah mengetahui sedikit gambaran mengenai materi analisis real dan Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert anda mungkin sedikit bisa menjawab sebenarnya apa kegunaan mempelajari materi ini. Yaah tidak ada. secara langsung memang tidak ada, anda tidak akan ditanyai analisis real saat anda membeli baju ataupun berbelanja di pasar. Namun, hal yang seharusnya kita garis bawahi adalah analisis real akan melatih kita dalam berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Hal ini berhubungan dengan langkah-langakah logis apada analisis real. Setiap langakah pada pembuktian di analisis real haruslah diikuti dengan alasan. Jika alasan ini salah maka sudah tentu jawaban kita juga akan salah. Nah dalam kehidupan kita juga perlu menerapkan pola pikir seperti ini, kita perlu mengkaji lagi alasan dari setiap tindakan kita, sehingga kita akan mencapai pada tujuan yang benar.

Anda bisa mendapatkan softcopy dari buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert melalui tautan berikut.


Diantara kedua buku tersebut sebenarnya tidak terdapat perbedaan yang terlalu besar, hanya saja pada buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert edisi yang ke empat tentu sudah lebih komplit daripada buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert edisi yang ketiga.  Ke komplitan ini terlihat dari penambahan beberapa soal analisis pada setiap bab nya dan perbaikan-perbaikan pada beberapa pembuktian teorema. Anda boleh memilih untuk menggunakan salah satu di antaranya, atau boleh juga membandingkan isi diantara keduanya. Namun, sering kali mahasiswa lebih baik mengikuti buku pegangan dosennya sedangkan yang lain lebih digunakan untuk refrensi dan pengembangan saja.Pengembangan juga penting mengingat kita sebagai calon pendidik dituntut untuk lebih baik dari guru-guru kita yang terdahulu.

Disarankan bagi anda untuk membaca juga Kunci Jawaban Introduction to Real Analysis Robert G Bartle Donald R Sherbert dalam alamat tersebut disajikan beberapa kunci jawaban dan juga pembahasan untuk buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert. Memang dalam buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert, sebenarnya sudah terdapat kunci jawaban untuk nomor-nomor terpilih, mayoritas adalah jawaban untuk nomor ganjil. Namun dalam buku tersebut tidak dibahas secara mendetail mengenai cara menyelesaikannya. Tautan di atas akan membantu anda dalam memahami kunci jawaban yang ada, serta membantu membentuk pola pikir anda dalam menyeleaikan permasalahan-permasalahan analisis real.

Demikian lah sedikit gambaran mengenai buku Introduction to Real Analysis karya Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert., semoga bermanfaat dan semoga anda menjadi pendidik yang luar biasa. Salam Pendidik.

Download Introduction to Real Analysis - Robert G. Bartle & Donald R. Sherbert Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin