Friday, October 3, 2014

Fungsi Pendidikan


        Fungsi pendidikan merupakan serangkaian tugas atau misi yang diemban dan harus dilaksanakan oleh pendidikan (Dirto Hadisutanto, dkk, 1995: 57). Pendidikan berfungsi menyiapkan diri seseorang agar menjadi manusia secara utuh, sehingga ia dapat menunaikan tugas hidupnya secara baik dan dapat hidup wajar sebagai manusia. Tiga fungsi pokok dari pendidikan, yakni : pendidikan sebagai penegak nilai, pendidikan sebagai sarana pengembang masyarakat, dan pendidikan sebagai upaya pengembangan potensi manusia. Penjelasan dari tiga fungsi pendidikan adalah sebagai berikut :
Fungsi Pendidikan
Fungsi Pendidikan

Pendidikan sebagai penegak nilai


Pendidikan mempunyai peran yang amat penting dalam kaitan dengan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Pendidikan merupakan penegak nilai dalam masyarakat. Hal tersebut berarti bahwa pendidikan memelihara serta menjaga tetap lestarinya nilai-nilai tersebut dalam masyarrakat. Untuk memelihara dan menjaga nilai-nilai ini dengan sendirinya dunia pendidikan harus selektif sehingga tidak menimbulkan gejolak dalam masyarakat. Masyarakat dapa melaksanakan kehidupannya secara tenang sesuai dengan keyakinan masing-masing. Dengan demikian nilai-nilai yang ada dalam masyarakat tetap menjadi landasan bagi setiap anggota masyarakat.

Pendidikan sebagai sarana pengembang masyarakat


Pendidikan dalam suatu masyarakat akan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan masyarakat yang bersangkutan. Kiprah pendidikan tersebut sangat tergantung pada seberapa aktif dan kreatif para pendidik dalam masyarakat tersebut. Dalam hal ini biasanya para tokoh masyarakat, para guru dan para pendidik lain merupakan motor penggerak serta kemajuan masyarakat yang bersangkutan.

Pendidikan sebagai upaya pengembangan potensi manusia


Melalui pendidikan, diharapkan dalam potensi dalam diri individu akan lebih berkembang. Sehingga dengan hal ini perkembangan dalam masyarakat akan terus mengarah yang lebih baik dan tercipta generasi-generasi penerus yang lebih handal. Pengembangan kemampuan anggota masyarakat dalam menyiapkan generasi penerus merupakan tugas dan fungsi pendidikan yang paling menonjol.
Selain itu, pendidikan juga berfungsi sebagai berikut:


Pendidikan untuk menyiapkan manusia sebagai manusia

Hal ini berarti pendidikan merupakan usaha memanusiakan manusia muda. Manusia yang belum sempurna, yang masih tumbuh dan berkembang, dipersiapkan dan ditumbuh kembangkan menjadi manusia, yaitu manusia seutuhnya. Manusia yang utuh mengandung arti utuh dalam potensi dan utuh dalam wawasan.


Pendidikan untuk menyiapkan manusia sebagai tenaga kerja.

Dalam hidupnya, manusia harus menciptakan suatu karya demi hidupnya. untuk dapat berkarya, maka manusia harus dipersiapkan. Penyiapan manusia menjadi tenaga kerja ini harus dipersiapkan melalui pendidikan.


Pendidikan menyiapkan manusia sebagai warga negara yang baik.


Maksudnya adalah agar manusia sebagai suatu warga negara menjadi warga negara yang baik, yang dapat melaksanakan semua kewajiban dan menyadari akan haknya dengan baik.


Sedangkan menurut Alex Inkeles, fungsi pendidikan yaitu :

1. Mengindahkan nilai-nilai budaya
2. Fungsi nilai pengajaran
3. Fungsi meningkatkan mobilitas sosial
4. Fungsi stratifikasi
5. Fungsi latihan jabatan
6. Fungsi mengembangkan dan memantapkan  hubungan-hubungan sosial
7. Fungsi membentuk semangat kebagsaan
8. Fungdi mengasuh bayi

Fungsi Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown