Friday, October 3, 2014

Kelebihan dan Kekurangan Teori Gagne

Sebelumnya kita telah membahas mengenai Teori Gagne. Selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari Teori Gagne ini. 

Kelebihan teori Gagne antara lain :

Kelebihan dan Kekurangan Teori Gagne
Kelebihan dan Kekurangan Teori Gagne
  1. Mendorong guru untuk merencanakan pembelajaran
Teori Gagne mendorong guru untuk merencanakan pembelajaran yang akan dilakukan. Sehingga pembelajaran menjadi lebih terarah dan terstruktur. Selain itu agar suasana dan gaya belajar dapat dimodifikasi sebaik mungkin. Dimana inti dari kegiatan pembelajaran adalah menyajikan cirri-ci stimulis,memberikan pedoman belajar,memunculkan kinerja,dan memberikan tanggapan dan umpan balik.
  1. Memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktek dan kebiasaan
Teori Gagne sangat cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan prakrik dan kebiasaan yang mengandung unsur-unsur seperti kecepatan spontanitas kelenturan reflek, dan daya tahan. menurut gagne rancangan pembelajaran untuk keterampilan yang kompleks menyajikan peristiwa pembelajaran untuk urutan keterampilan yang ada dalam prosedur dan hirarki belajar.
  1. Cocok untuk melatih anak-anak yang masih membutuhkan dominasi peran orang dewasa.
Menyajikan stimulus bisa dilakukan dengan cara guru menyajikan materi pembelajaran secara menarik dan menantang. Sehingga siswa merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini dapat dilakukan langsung bagi siswa pendidikan dasar.

  1. Dapat dikendalikan

Mulai dari identifikasi kapabilitas yang akan dipelajari, analisis tugas atas tujuan, pemilihan peristiwa pembelajaran yang cocok, semua dapat disusun. Sehingga pembelajaran yang diinginkan dapat dikendalikan guru agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pada teori ini, analisis tugas merupakan kunci bagi pengajaran yang efektif. Untuk mengajarkan tugas apapun, paling tidak guru harus memastikan bahwa semua komponen yang diperlukan telah dipelajari, yaitu bisa jadi mensyaratkan pengajaran-pengajaran setiap komponen pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan Teori Gagne Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown