Tatalaksana dari kurikulum merupakan hal pokok dari proses diadakannya kurikulum. Suatu kurikulum disusun dengan berbagai pertimbangan agar bisa mencapai suatu tujuan belajar yang nantinya bisa diimplementasikan dengan baik di sekolah.
Secara riel pelaksanaan kurikulum diwujudkan dalam suasana belajar mengajar. Proses belajar mengajar ini berorientasi pada tujuan yang ingin dicapai pada saat penyusunan kurikulum.
Untuk melaksanakan kurikulum akan dibutuhkan strategi agar bisa dilaksanankan dengan maksimal. Strategi akan memberikan arah pada pelaksanaan kurikulum. Dalam strategi pelaksanaan suatu kurikulum akan tergambar bagi kita tentang cara-cara pelaksanaan dari komponen-komponen kegiatan proses belajar mengajar yang meliputi : penilaian, cara melaksanakan bimbingan dan penyuluhan, serta cara mengatur kegiatan sekolah secara keseluruhan.(Nazhary, 1993 : 11).
Pelaksanaan kurikulum juga harus memperhatikan tingkat dan jenjang pendidikan di mana kurikulum dilaksanakan. Perbedaan jenjang akan berpengaruh pada tujuan institusional, struktur pendidikan dan hal-hal teknis lainnya. Proses belajar mengajar di dalam kelas juga harus diperhatikan dalam pelaksanaan kurikulum. Kegiatan belajar mengajar harus berlangsung secara interaktif agar tujuan pendidikan bisa tercapai. Karena tujuan pendidikan merupakan bentuk kurikulum yang telah terimplementasikan dalam bentuk pengajaran.