Saturday, October 11, 2014

Program Mencari Akar Persamaan Kuadrat

Berikut ini adalah program untuk menentukan akar persamaan kuadrat :



Program akarPK;
uses wincrt,crt;
var a,b,c:real;
  D,x1,x2:real;
  R,I:real;
  pilih:Char;
  label baca;
    begin
      baca:
      clrscr;
      writeln('program menghitung akar persamaan ax^2+bx+c=0');
      writeln;
      write('masukkan nilai-nilai a : '); readln(a);
      write('masukkan nilai-nilai b : '); readln(b);
      write('masukkan nilai-nilai c : '); readln(c);

      if a = 0 then
      begin writeln('nilai a tidak boleh sama dengan nol ');
        goto baca; {ulangi lagi sampai <> 0 !}

      end;
      (* Tulis persamaan ... *)
      writeln ('Anda mempunyai persamaan kuadrat: ');
      if a=1 then write ('x^2') else write (a:3:2,'x^2');
      if b>0 then
    begin
      if b=1 then write (' + x')
      else write (' + ',b:3:2)
      end
      else if b < 0 then write(b:3:2);
      if c>0 then write (c:3:2)
      else if c < 0 then write (c:3:2);
writeln('=0 ');
writeln;
D:=b*b-4*a*c;
if D=0 then
begin
  x1:=-b/(2*a);
  Writeln('oleh karena itu nilai D = ', D:3:2, ',');
  writeln('maka akar-akarnya adlalah x1 = x2 = ',x1:3:2);
  end
else if D>0 then
begin
  x1:=(-b+sqrt(D))/(2*a);
  x2:= (-b-sqrt(D))/(2*a);
  writeln('oleh karena itu nilai D = ',D:3:2,',');
  writeln('maka akar-akarnya adalah : ');
  writeln('x1 = ', x1:3:2, 'dan x2 = ', x2:3:2);
  end
else if D < 0 then
begin
  R:=-b/(2*a) ; I:=(sqrt(-D))/(2*a);
  writeln('Oleh karena itu nilai D = ', D:3:2,',');
  writeln('maka akar-akarnya adalah : ');
  write('x1= ');
  if R<>0 then write (R:3:2);
  if I<>0 then write ('+',I:3:2,'i')
  else write(I:3:2);
  write(' dan x2 = ');
  if R<>0 then write (R:3:2);
  if i>0 then writeln('-',I:3:2,'i')
  else writeln(I:3:2,'i');
  end;
writeln;
write('mau menghitung lagi? <y/t> : '); readln(pilih);
if (pilih='y') or (pilih='Y') then goto baca
else writeln( 'selesai ');

end.


Program Mencari Akar Persamaan Kuadrat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown