Friday, October 3, 2014

Langkah-langkah Percobaan Skinner

 Langkah-langkah Percobaan Skinner Skinner membuat mesin untuk percobaanya dalam Operant Conditioning yang dinamakan dengan"Skinner Box" dan tikus yang merupakan subjek yang sering digunakandalam percobaanya.

Percobaan Skinner
Percobaan Skinner
        Dalam percobaannya tersebut yang dilakukan oleh Skinner dalam Laboratorium, seekor tikus yang lapar diletakkan dalam Skinner Box, kemudian binatang tersebut akan akanmenekan sebuah tuas yang akan membukakan dulang makanan, sehingga diperolehpenguatan dalam bentuk makanan. 
         Di dalam setiap keadaan, seekor binatang akanmemperlihatkan bentuk perilaku tertentu; tikus tadi misalnya, akanmemperlihatkan perilaku menyelidik pada saat pertama kali masuk kedalam Box,yaitu dengan mencakar-cakar dinding dan membauinya sambil melihat-lihat kesekelilingnya. 
           Secara kebetulan, dalam perilaku menyelidik tersebut tikusmenyentuh tuas makanan dan makanan pun berjatuhan. Setiap kali tikus melakukanhal ini akan mendapatkan makanan; penekanan tuas diperkuat dengan penyajian makanan tersebut, sehingga tikus tersebut akan menghubungkan perilaku tertentudengan penerimaan imbalan berupa makanan tadi. Jadi, tikus tersebut akanbelajar bahwa setiap kali menekan tuas dia akan mendapatkan makanan dan tikustersebut akan sering kali mengulangi perilakunya, sampai ada proses pemadamanatau penghilangan dengan menghilangkan penguatannya.

      Dalam eksperimen Skinner tersebut terdapat istilah Penguatan atau dapat disebut sebagai reinforcementyaitu, setiap kejadian yang meningkatkan ataupun mempertahankan kemungkinan  adanya respon terhadap kemungkinan respon yang diinginkan. Biasanya yangberupa penguat adalah sesuatu yang dapat menguatkan dorongan dasar (basicdriver, seperti makanan yang dapat memuaskan rasa lapar atau air yang dapatmenuatkan rasa haus) namun tidak harus selalu demikian.
          Pada manusia,penguatan sering salah sasaran sehingga pembelajaran menjadi tidak effisien. Masalah lain dengan pengkondisian manusia adalah penentuan manakahkonsekuansi-konsekuensi yang menguatkan dan manakah yang melemahkan. Karena bergantung pada sejarah individu, penguatan dan disiplin terkadang dapatmenjadi penguatan sedangkan ciuman dan pujian dapat menjadi hukuman.
           Dalam penguatantersebut dibedakan antara pengutan positif dan negatif. Penguatan positif adalah stimulus yang apabila diberikan sesudah terjadinya respon, meningkatkan kemungkinan respon tersebut.

                              ->          Respon 1
                           /
S (Rangsang)  --->              Respon 2       -->          Penguatan
                           \
                             ->          Respon 3
Menjadi :

S(Rangsang)   -->              Respon 2 berulang-ulang

        Penguatan negatif adalah stimulus yang dihapuskan sesudah responnyatimbul, meningkatkan kemungkinan adanya respon; shock elektrik dan bunyi yangmenyakitkan digolongkan sebagai penguat negatif dan sebagai penguat negatifjika penguat itu dapat ditiadakan ketika timbul respon yang diinginkan.
                               ->        Respon 1     -->                Shock elektrik
                             /
S (Rangsang)    -->            Respon2
                            \
                             ->          Respon3      -->               Shock elektrik
Menjadi :

S (Rangsang)        -->             Respon2


Langkah-langkah Percobaan Skinner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown