Selain
memgemukakan tahap-tahap perkembangan kognitif dalam memahami geometri, Van
Hiele juga mengemukakan beberapa teori yang berkaitan dengan pembelajaran
geometri,antara lain :
1.
Tiga unsur utama pembelajaran geometri yaitu waktu, materi pembelajaran, dan
metode penyusun yang apabila dikelola secara terpadu dapat mengakibatkan
meningkatnya kemampuan berfikir anak kepada tahap yang lebih tinggi dari tahap
sebelumnya.
2.
Bila dua orang mempunyai tahap berfikir berlainan satu sama lain,kemudian
saling bertukarpikiran maka kedua orang tersebut tidak akan mengerti. Menurut
Van Hiele seorang anak yang berada di tingkat yang lebih rendah tidak mungkin
dapat mengerti atau memahami materi yang berada pada tingkat yang lebih tinggi
dari anak tersebut. Kalaupun dipaksakan anak itu baru bisa memahami melalui
hafalan saja bukan melalui pengertian. Sehingga, dalam pembelajaran geometri,
pengurutan topik-topik geometri harus disesuaikan dengan tingkat kesukarannya.
sebagai contoh, seorang anak tidak mengerti mengapa gurunya membuktikan bahwa
jumlah sudut dalam jajar genjang adalah 360o. misalnya anak itu berada di tahap
pengurutan kebawah. menurut anak pada tahap yang disebutkan, pembuktiannya
tidak perlu bahwa suah jelas bahwa jumlah sudutnya 360o.
3.
Agar anak memahami geometri dengan pengertian, kegiatan belajar anak harus
disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak atau taraf berfikirnya. Sehingga
dapat digunakan sebagai persiapan untuk meningkatkan tahap berfikir anak kepada
tahap yang lebih tinggi dari tahap sebelumnya.