Friday, October 3, 2014

Teori Van Hiele Berkaitan dengan Pembelajaran Geometri


Selain memgemukakan tahap-tahap perkembangan kognitif dalam memahami geometri, Van Hiele juga mengemukakan beberapa teori yang berkaitan dengan pembelajaran geometri,antara lain :
1. Tiga unsur utama pembelajaran geometri yaitu waktu, materi pembelajaran, dan metode penyusun yang apabila dikelola secara terpadu dapat mengakibatkan meningkatnya kemampuan berfikir anak kepada tahap yang lebih tinggi dari tahap sebelumnya.

2. Bila dua orang mempunyai tahap berfikir berlainan satu sama lain,kemudian saling bertukarpikiran maka kedua orang tersebut tidak akan mengerti. Menurut Van Hiele seorang anak yang berada di tingkat yang lebih rendah tidak mungkin dapat mengerti atau memahami materi yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dari anak tersebut. Kalaupun dipaksakan anak itu baru bisa memahami melalui hafalan saja bukan melalui pengertian. Sehingga, dalam pembelajaran geometri, pengurutan topik-topik geometri harus disesuaikan dengan tingkat kesukarannya. sebagai contoh, seorang anak tidak mengerti mengapa gurunya membuktikan bahwa jumlah sudut dalam jajar genjang adalah 360o. misalnya anak itu berada di tahap pengurutan kebawah. menurut anak pada tahap yang disebutkan, pembuktiannya tidak perlu bahwa suah jelas bahwa jumlah sudutnya 360o.


3. Agar anak memahami geometri dengan pengertian, kegiatan belajar anak harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak atau taraf berfikirnya. Sehingga dapat digunakan sebagai persiapan untuk meningkatkan tahap berfikir anak kepada tahap yang lebih tinggi dari tahap sebelumnya.

Teori Van Hiele Berkaitan dengan Pembelajaran Geometri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown