Perangkat
pembelajaran berbasis etnomatematika tidak berparadigma text book oriented
tetapi research teach base learning oriented. Sehingga perangkat pembelajaran
berbasis etnomatematika isinya lebih orisinil dan lebih bisa menyesuaikan
dengan kondisi lingkungan siswa. Hal ini akan menyebabkan pembelajaran terasa lebih
hidup dan mengurangi kesenjangan antara dunia sekolah yang penuh teori dengan
kehidupan nyata.
Etnomatematika |
Perangkat pembelajaran berbasis
etnomatematika menuntut guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan media
pembelajaran. Berbeda dengan pembelajaran lazimnya yang menggunakan text book
oriented. Pada pembelajaran text book oriented, guru akan secara penuh
menggunakan buku yang ada sehingga sering kali konteks dalam buku tidak relevan
dengan kondisi siswa. Sebagai contoh buku pelajaran sering menggunakan nama-nama
tempat yang ada di wilayah jawa. Hal ini tentu akan kurang relevan dengan siswa
yang belajar di daerah luar jawa.
Dalam
perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika siswa konteks pembelajaran akan
lebih sesuai dengan pembelajaran. Selain itu pembelajaran dapat dikondisikan
terjun ke tempat yang bersangkutan akan membuat siswa lebih mengenal budaya
daerahnya sendiri. Sehingga ada dua keuntungan besar dalam belajar menggunakan
perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika yaitu siswa lebih nyaman belajar
karena konteks yang diberikan sesuai dengan lingkungan mereka dan siswa menjadi
lebih mengenal budaya di sekitar mereka.