Tuesday, July 7, 2015

Administrasi dan Pengelolaan Sistem Pendidikan


Departemen Pendidikan (sejak tahun 2001, Kementerian Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga ― Ministry of Education, Youth, and Sports atau MOEYS) bertanggung jawab untuk penyediaan dan manajemen pendidikan di Ghana. Departemen ini memiliki berbagai badan hukum di bawahnya, termasuk Dinas Pendidikan Ghana, Badan Perpustakaan Ghana, Biro Bahasa Ghana, Dewan Pembangunan Buku Ghana, Komisi Nasional untuk UNESCO, Dinas Sekretariat Nasional, Divisi Perencanaan, Penganggaran, Pemantauan dan Evaluasi (Planning, Budgeting, Monitoring and Evaluation atau PBME).

Ghana


Layanan Pendidikan Ghana (Ghana Education Service atau GES) memiliki tanggung jawab pelaksanaan kebijakan pendidikan pra-tersier yang dirumuskan oleh Kementerian. Hal ini dipimpin oleh seorang Direktur Jenderal dan merupakan salah satu sektor yang paling terdesentralisasi pemerintah. Memang, manajemen pendidikan di divisi, tingkat regional, dan kabupaten telah diperkuat dengan menempatkan personil yang berkualitas untuk semua posisi manajerial dan administrasi dalam pelayanan.
Selanjutnya, dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat lokal yang lebih besar dalam pengambilan keputusan, berbagai badan dan komite telah dibentuk di tingkat lokal dan kabupaten, termasuk Asosiasi Orang Tua dan Guru (Parent-Teacher Associations atau PTAs), Tim Pendukung Guru Kabupaten (District Teacher Support Teams atau DTSTs), Komite Manajemen Sekolah (School Management Committees atau SMCs) dan lain-lain, yang mengkoordinasikan kegiatan mereka dengan Kabupaten. Dewan Nasional untuk Pendidikan Tersier (National Council for Tertiary Education atau NCTE) dan Divisi Pendidikan Non Formal (Non-Formal Education Division atau NFED) memiliki area sub-sektor penting dari tanggung jawab mengenai pendidikan.

Proyek dari Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Education Management Information System atau EMIS) diluncurkan pada tahun 1997 sebagai proyek percontohan di 12 kabupaten (dari total 110 kabupaten) dan tiga kantor wilayah untuk meningkatkan pengumpulan, pengolahan, dan analisis data pendidikan dalam rangka untuk membuat informasi yang dapat dipercaya yang tersedia untuk pengambilan keputusan di semua tingkat sistem pendidikan. Proyek ini telah diperluas untuk mencakup 14 kabupaten tambahan dan sisanya 7 kantor wilayah. Pada bulan Maret 2004, Unit Perencanaan didirikan pada Layanan Pendidikan Ghana (GES). Unit baru yang akan diperluas ke divisi akan dikenakan tanggung jawab untuk pengumpulan, analisis, manajemen data, dan kegiatan perencanaan yang efisien dari berbagai divisi. Hal ini akan mengatasi ketidakkonsistenan data dalam sistem dan menyelenggarakan lokakarya untuk kabupaten dan petugas APBD dan Direksi Pendidikan Kabupaten dan Daerah mereka, serta mengenai perlunya membuat data yang dapat dipercaya untuk menginformasikan pengelolaan operasional yang efisien untuk meningkatkan hasil belajar mengajar.

Administrasi dan Pengelolaan Sistem Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin