Implikasi teori Guilford terhadap pembelajaran
Implikasi teori belajar Guilford dalam pembelajaran sebagai berikut:
- Dalam menyelesaikan soal pembelajaran matematika dapat menerapkan soal-soal open-ended kepada siswa, dari jawaban yang diberikan siswa dapat dibuktikan bahwa kemampuan untuk memberikan berbagai alternatif jawaban adalah berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru maupun pengalaman pribadinya.
- Kreatifitas seorang siswa dapat dilihat dari kemampuannya untuk menyelesaikan suatu persoalan dengan ide kreatif tanpa bersumber pada satu teori saja, sehingga memunculkan banyak ide dari berpikir kreatifnya.
- Pada kinerja seseorang pada tes kecerdasan dapat ditelusuri kembali ke dasar kemampuan mental atau faktor kecerdasan seseorang itu sendiri.
- Berfikir kreatif yang terjadi pada siswa tergantung pada kemampuan dirinya untuk mewujudkan ide/gagasannya yang timbul dari hati nurani.
Implikasi, Kelemahan dan Kelebihan Teori Guilford |
Kelebihan dan kelemahan teori Vygotsky
Kelebihan-kelebihan teori inteligensi Guilford:
- Teori ini memberikan implikasi yang penting bagi teori psikologi umumnya, terutama apabila dapat meletakkannya sebagai suatu konsep-konsep psikologi, seperti proses belajar, pemecahan masalah dan kreativitas.
- Dalam pembelajaran, teori ini memberikan implikasi positif berupa pembelajaran yang kreatif.
- Model Guilford ini memberikan suatu jalan untuk mengorganisasikan kemampuan-kemampuan dalam kurikulum, terutama pada penentuan kemampuan-kemampuan mana yang perlu mendapat perhatian.
- Teori ini merupakan mata rantai studi inteligensi dengan menggunakan pengetahuan tentang belajar, psikolinguistik, pikiran dan sebagainya sebagai pembagian tugas intelektual.
- Teori ini meliputi bidang-bidang fungsi intelektual yang terlokalisasi dengan sedikit sekali terwakili oleh tes-tes inteligensi standar.
- Teori ini mendapatkan penerimaan luas dari para pendidik dan beberapa pihak yang memiliki pandangan kurang menyenangkan terhadap faktor ‘g’ Spearman.
Kelemahan-kelemahan teori inteligensi Guilford:
Teori ini dianggap terlalu berlebihan/kompleks dan melanggar aturan parsimony (Kesederhanaan dalam pemaparan masalah/Parsimony (Menjelaskan fenomena atau masalah yang diteliti secara sederhana tapi jelas).