Thursday, October 2, 2014

Teori Belajar menurut Guilford



1. Biografi singkat Guilford

Teori Guilford dikemukakan oleh Joy Paul Guilford. Beliau lahir pada pada tanggal 7 Maret 1897 di Nebraska, dan meninggal pada tanggal 26 November 1987 di Los Angeles. Beliau adalah pakar psikologi Amerika yang dikenal dengan teori kecerdasan manusia. Beliau merupakan lulusan dari University of Nebraska pada tahun 1938.

2. Teori Belajar menurut Guilford
Teori Guilford banyak membicarakan mengenai struktur intelejensi/kecerdasan seseorang yang banyak mengarah pada kretivitas seseorang. Guilford menerangkan kecerdasan sebagai kemampuan seseorang dalam menjawab melalui situasi sekarang untuk semua peristiwa masa lalu dan mengantisipasi masa yang akan datang. Dalam konteks ini, yang namanya belajar adalah termasuk berpikir, atau berupaya berpikir untuk menjawab segala masalah yang dihadapi. Guilford mengemukakan bahwa inteligensi dapat dilihat dari tiga kategori dasar atau faces of intellect, yaitu : 

a. Operasi Mental (Proses Berpikir) 

1. Cognition (menyimpan informasi yang lama dan menemukan informasi yang baru). 
2. Memory Retention (ingatan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari). 
3. Memory Recording (ingatan yang segera). 
4. Divergent Production (berfikir melebar atau banyak kemungkinan jawaban/ alternatif). 
5. Convergent Production (berfikir memusat atau hanya satu kemungkinan jawaban/alternatif). 
6. Evaluation (mengambil keputusan tentang apakah suatu itu baik, akurat, atau memadai).

b. Content (Isi yang Dipikirkan) 

1. Visual (bentuk konkret atau gambaran). 
2. Auditory. 
3. Word Meaning (semantic). 
4. Symbolic (informasi dalam bentuk lambang, kata-kata atau angka dan notasi musik). 
5. Behavioral (interaksi non verbal yang diperoleh melalui penginderaan, ekspresi muka atau suara). 

c. Product (Hasil Berfikir) 

1. Unit (item tunggal informasi). 
2. Kelas (kelompok item yang memiliki sifat-sifat yang sama). 
3. Relasi (keterkaitan antar informasi). 
4. Sistem (kompleksitas bagian saling berhubungan). 
5. Transformasi (perubahan, modifikasi, atau redefinisi informasi). 
6. Implikasi (informasi yang merupakan saran dari informasi item lain). 

Teori Belajar menurut Guilford Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown