Friday, February 13, 2015

Manajemen Organisasi Lembaga Pendidikan



                Prajudi Atmosudirjo mengemukakan bahwa organisasi adalah struktur tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang-orang memegang posisi yang bekerja sama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai suatu tujuan tertentu. (Ara Hidayati, 2010 : 63).


                  Tugas dari manajemen lembaga pendidikan adalah mengorganisasikan segenap kegiatan lembaga pendidikan, yang termasuk diantaranya adalah pengolahan fungsi kepemimpinan. Organisasi lembaga pendidikan di masing-masing sekolah memiliki perbedaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Pengorganisasian sebagai proses membagi kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumberdaya, serta mengkoordinasikannya dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi.

Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan sebuah organisasi maka diperlukan kriteria keberhasilan organisasi lembaga pendidikan (Nanang Fattah, 1996 : 71). Kriteria ini melibatkan komponen-komponene seperti peserta didik, guru, kurikulum, sarana dan prasarana, serta pengelolaan.

Lembaga pendidikan memiliki jenjang, jalur dan jenis lebaga pendidikan. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV pasal 31 ayat 1, 2, dan 3) Ada tiga jalur pendidkan yang berperanan dalam pembentukan kualitas sumber daya manuasia, yaitu terdiri atas: pendidikan formal, nonformal, dan informal. Jenjang pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sedangkan jenis pendidikan adalah kelompok yang didasarkan pada kekhususan tujuan pendidikan suatu satuan pendidikan. Jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, dan khusus.

Manajemen Organisasi Lembaga Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin