Sistem Pendidikan Dasar (Primary Education) di Ghana - Pendidikan dasar, atau tahap pertama dari pendidikan dasar, berlangsung selama enam tahun dan bersifat wajib. Pendidikan dasar dibagi menjadi dua siklus yang masing-masing berlangsung selama tiga tahun, yaitu siklus bawah dan atas pendidikan dasar. Anak-anak pada pendidikan dasar mulai bersekolah pada usia 6 tahun.
Petunjuk pelaksanaan untuk pelaksanaan Reformasi Pendidikan Dasar negara bahwa semua sekolah, baik swasta atau publik, diharapkan untuk menjalankan empat puluh minggu dalam satu tahun ajaran penuh.
Petunjuk pelaksanaan untuk pelaksanaan Reformasi Pendidikan Dasar negara bahwa semua sekolah, baik swasta atau publik, diharapkan untuk menjalankan empat puluh minggu dalam satu tahun ajaran penuh.
Sistem Pendidikan Dasar (Primary Education) di Ghana |
Di bawah Proyek Pembangunan Sekolah Dasar, waktu pembelajaran di sekolah-sekolah dasar meningkat dari empat sampai lima jam sehari. Bahkan kemudian, karena sejumlah faktor, waktu pembelajaran yang sebenarnya di sekolah dasar umum Ghana ditemukan memiliki rata-rata 450 jam setahun. Telah diamati bahwa ajaran yang sebenarnya dan waktu belajar sering dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan dengan tidak menarik dari fasilitas sekolah. Banyak sekolah yang beberapa bagiannya telah hilang sehingga tidak memiliki gedung sekolah yang tepat, sementara sejumlah besar gedung sekolah atapnya telah bocor dan banyak hambatan lainnya.
Waktu belajar dan efektivitas juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti disiplin guru yang rendah; guru dan murid hadir di pasar pada hari-hari pasar lokal selama jam sekolah; kehadiran guru selama jam sekolah di pemakaman dan pertemuan dipanggil oleh sirkuit dan pendidikan kabupaten petugas dan pejabat Asosiasi Guru Nasional Ghana (Ghana National Association of Teachers atau GNAT); dan waktu yang dibutuhkan oleh guru setiap bulan untuk mengumpulkan gaji mereka. Masalah-masalah ini ditekankan oleh kurangnya pengawasan dari tingkat sekolah oleh kepala sekolah di kebanyakan sekolah dasar umum. Keprihatinan ini sedang ditangani melalui Proyek Pengembangan Sekolah Dasar, yang diterapkan oleh Departemen Pendidikan dengan kredit Bank Dunia. Tindakan yang diambil di bawah proyek untuk mengatasi masalah ini adalah kebijakan dan manajemen perubahan dan investasi dalam infrastruktur fisik.
Setelah peluncuran reformasi, telah terjadi peningkatan yang ditandai dalam pendaftaran pendidikan dasar. Tingkat partisipasi kasar SD meningkat dari 80,5% pada 1988-1989 menjadi 82,5% di 1990-1991. Pada 1999/2000, angka partisipasi kasar (APK) diperkirakan 83,5%, dan rasio guru-murid adalah 1:33. Menurut UNESCO Institute for Statistics, pada tahun 2005 APK adalah 88% (net rasio pendaftaran: 75%). Ada 89.278 guru (58% dilatih) rasio guru-murid adalah 1:33.
Dalam rangka untuk membuat pendidikan lebih relevan dengan realitas sosial-ekonomi negara, bahasa Ghana dan pertanian praktis telah diperkenalkan sebagai mata pelajaran inti di tingkat pendidikan dasar dan menengah, dan ilmu pengetahuan yang diajarkan dengan pendekatan lingkungan. Selain itu, dalam rangka untuk mengekspos siswa dalam keterampilan pekerjaan, masing-masing sekolah pada tingkat pendidikan dasar menawarkan satu subjek kejuruan dirancang untuk membiasakan siswa dengan memberi mereka latihan dan menggunakan alat-alat tangan sederhana. Kurikulum sekolah juga telah melakukan diversifikasi. Sertifikat Ujian Pendidikan Dasar (Basic Education Certificate Examination atau BECE) adalah sertifikat umum diberikan kepada murid yang sukses pada penyelesaian pelajaran SMP selama tiga tahun.
Demikian tadi artikel mengenai Sistem Pendidikan Dasar (Primary Education) di Ghana