Sistem Pendidikan Ghana Pendidikan Pra-sekolah (Pre-primary Education)- Pendidikan
pra-sekolah di Ghana tidak wajib dan biasanya melayani anak-anak dalam kelompok
usia 3-6 tahun. Perawatan untuk anak usia 3-4, sedangkan TK melayani anak-anak
antara usia 4 sampai 6 tahun. Ada juga Creches
untuk anak-anak berusia sampai 2 tahun dan pusat penitipan (kelompok umur 2-3
tahun). Batas usia tidak diamati secara ketat dan anak-anak dari segala usia
dapat ditemukan di berbagai pusat pendidikan pra-sekolah apapun.
Pendidikan Pra-sekolah di Ghana |
Tujuan
utama pembelajaran untuk tingkat pra-sekolah adalah memajukan pikiran dan tubuh
yang sehat. Untuk merealisasi tujuan ini, semua anak diharapkan akan
diimunisasi lengkap terhadap enam penyakit pembunuh dan ibu mengikuti kursus di
bidang gizi, keluarga berencana, dan pendidikan hidup. Upaya telah dilakukan
untuk memastikan bahwa sekolah yang aman dan dilengkapi dengan mainan untuk
pengembangan psikomotor, serta guru juga diharapkan untuk mengatur kegiatan
seperti permainan peran, olahraga dan permainan yang memperkuat baik bagi
kesehatan dan proses sosialisasi anak-anak. Penggunaan bahasa lokal juga
digunakan pada tingkat ini.
Program
Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) terdiri atas program penitipan anak berbasis
di pusat-pusat atau sekolah, program di rumah (di mana pengasuh pergi ke rumah
anak-anak), rumah pengasuh (di mana orang tua membawa anak-anak ke rumah
pengasuh), dan after-school-homecare
(di mana anak-anak yang selesai dengan cepat di sekolah pusat kemudian
dititipkan sampai orang tua mereka menjemput mereka setelah pulang kerja). Ada
perawatan untuk anak usia 3-4, pusat penitipan untuk kelompok usia 2-3 tahun,
dan crèches yang melayani anak-anak di bawah 2 tahun. Program ini dijalankan
oleh Departemen Kesejahteraan Sosial, Dinas Pendidikan Ghana, pemilik swasta,
dan LSM. Dua tahun program pendidikan TK dianggap sebagai bagian dari sektor
pendidikan dasar.
Dalam
rangka untuk memastikan bahwa sekolah perawatan anak memang benar-benar
dijalankan, pemerintah telah menyiapkan Pusat Pelatihan Guru Perawat Nasional (National Nursery Teachers’ Training Centre)
di mana guru bersertifikat yang ingin mengkhususkan diri di bidang pendidikan
perawatan dan dilatih di pusat tersebut. Kursus pelatihan guru pra-sekolah atau
perawatan berlangsung tiga bulan, setelah sertifikat diberikan. Kursus pelatihan
guru tingkat dasar berlangsung selama tiga tahun, setelah sertifikat guru
"A" diberikan kepada guru yang berhasil.
Penduduk
pedesaan memiliki sedikit bahkan tidak ada akses ke tingkat pendidikan karena
sebagian besar fasilitas kebanyakan ditemukan di pusat-pusat perkotaan dan
sub-urban selama bertahun-tahun, tetapi upaya telah dilakukan oleh Dinas
Pendidikan Ghana dan LSM untuk membangun lembaga pra-sekolah yang lebih banyak.
Sebelum
tahun 2002, pendidikan pra-sekolah bukan menjadi bagian dari sistem formal.
Pendidikan pra-sekolah diperkenalkan sebagai hasil dari rekomendasi yang dibuat
oleh Komite Presiden pada Ulasan Reformasi Pendidikan (Oktober 2002).
Akibatnya, rencana untuk memasukkan pendidikan pengembangan anak usia dini
(PAUD) dalam sistem formal menjadi semakin jauh. Silabus dalam enam bidang
studi telah dikembangkan sama seperti isi kebijakan. Bidang mata pelajaran
tersebut adalah keterampilan psiko-sosial (kepercayaan diri, ketegasan); bahasa
dan keaksaraan; matematika; studi lingkungan; kegiatan kreatif; kesehatan, gizi
dan keamanan.
Di
bawah naungan Kementerian Perempuan dan Urusan Anak, Komisi Nasional Anak
Ghana, dengan dukungan dari UNICEF
sedang melakukan inventarisasi semua pusat ECD
resmi untuk memastikan jumlah anak dengan akses ke pusat-pusat, jenis struktur
yang digunakan, serta jumlah dan status guru dan petugas di pusat. Dokumen
kebijakan ECCD yang bertujuan untuk
mengatasi masalah-masalah sekarang mengenai akses dan kualitas pelayanan PAUD
telah ditinjau, selesai, dan diluncurkan pada Agustus 2004.
Rasio
guru dan siswa untuk pendidikan anak usia dini adalah 1:24 tahun 1999/2000.
Menurut UNESCO Institute for Statistics,
pada tahun 2005 rasio pendaftaran secara kasar pada tingkat pra-sekolah adalah
42% (rasio pendaftaran secara bersih 27%). Ada 731.331 anak yang terdaftar
dibantu oleh 29.014 guru (22% guru telah dilatih).