Kemaslahatan
masyarakat Finlandia dibangun di atas pilar pendidikan, budaya dan pengetahuan.
Seluruh anak memiliki kesempatan yang setara untuk menimba ilmu dan
mengembangkan dirinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan kompetensinya,
terlepas dari perbedaan strata ekonomi, bahasa dan lingkungan tempat
tinggalnya. Seluruh anak di Finlandia
juga berhak untuk menikmati pendidikan berkualitas dan berkompeten di
lingkungan pendidikan yang kondusif dan aman. Sistem pendidikan yang fleksibel
dan kewajiban untuk mengenyam pendidikan dasar menghasilkan kesetaraan dan
kualitas yang maksimal.
Sistem
pendidikan di Finlandia memiliki 3 tingkatan, yakni:
1.
Pendidikan
wajib dasar nasional 9 tahun (terdiri dari 6 tahun pendidikan dasar dan 3 tahun
pendidikan menengah pertama),
2.
Pendidikan
menengah atas dan/atau sekolah kejuruan (vocational training),
3.
Pendidikan
tinggi (higher education).
Pendidikan
pra-sekolah tersedia bagi anak-anak yang belum memasuki usia wajib sekolah (di
bawah usia 7 tahun). Pendidikan dasar adalah tingkat pendidikan umum dasar yang
diberikan secara komprehensif dalam periode 9 tahun. Pendidikan menengah atas
terdiri dari pendidikan dan pelatihan kejuruan dan pendidikan dasar. Pendidikan
tinggi diberikan di berbagai universitas dan politeknik. Pendidikan dan
pelatihan kaum muda tersedia di setiap tingkatan jenjang pendidikan. Selain
dari pada itu, pendidikan kaum dewasa menawarkan berbagai macam pendidikan dan
pelajaran rekreasional yang diharapkan mampu membangun kompetensi dan keahlian
penduduk. Di Finlandia, pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar dan pendidikan
serta pelatihan menengah atas, dilengkapi dengan pendidikan anak di pagi dan
sore hari (setelah sekolah), yang disajikan secara koheren dengan pembelajaran
di sekolah guna mendukung perkembangan, pembangunan dan kemaslahatan anak
didik.
Transisi
siswa dari satu tingkat pendidikan ke tingkat lainnya diatur oleh peraturan
perundang-undangan. Ijasah pendidikan umum dan menengah atas merupakan
prasyarat yang harus dimiliki untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat
universitas dan politeknik.
Pada
beberapa tahun ini, fokus utama pada seluruh tingkat pendidikan adalah untuk
memperluas pengetahuan dan keahlian di zaman derasnya perkembangan pelayanan
informasi elektronik. Tujuannya adalah untuk menyediakan kesempatan yang sama
bagi seluruh penduduk untuk menerapkan pengetahuannya di zaman informasi
elektronik. Pendidikan dan penelitian diberikan dengan menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi dan alat elektronik lainnya guna mewujudkan masyarakat
yang menguasai pengetahuan informasi dan teknologi.
Penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi secara luas diterapkan dalam pengajaran.
Siswa pada tingkat pendidikan dasar telah dikenalkan dengan metodologi riset
sederhana, data collecting, dan logika, serta diajarkan keahlian dasar
penggunaan teknologi informasi dan teknologi, yang kemudian lebih dikembangkan
pada tingkat pendidikan menengah lanjutan. Finlandia telah menanamkan investasi
pada pelatihan guru dan dalam mengembangkan bahan pengajaran virtual serta
menyediakan lingkungan belajar yang kondusif.